Kamis, 17 Februari 2011

Biografi Trygve Haavelmo

Kata Pengantar

            Salam Industri. Probabitlitas adalah Ilmu cabang matematika tentang fenomena acak. Salah satu tokoh yang mengungkapkan teori ini adalah Trygve Magnus Haavelmo.
Trygve Magnus Haavelmo (13 Desember 1911 - 28 Juli 1999), lahir di Skedsmo , Norwegia , adalah seorang ekonom berpengaruh dengan kepentingan penelitian utama berpusat pada bidang ekonometri dan teori ekonomi. Selama Perang Dunia II ia bekerja dengan Nortraship di Departemen Statistik di New York City. Dia menerima gelar Ph.D. pada tahun 1946 untuk karyanya pada Pendekatan probabilitas dalam Ekonometrika.
Dia adalah seorang Profesor ekonomi dan statistik di Universitas Oslo antara 1948-1979 dan merupakan departemen perdagangan kepala divisi 1947-48. Haavelmo memperoleh posisi terkemuka dalam ilmu ekonomi modern melalui kritik logis dari serangkaian konsepsi adat dalam analisis matematis.
Pada tahun 1989, Magnus Haavelmo dihadiahi dengan Hadiah Nobel di bidang Ekonomi "untuk klarifikasi tentang teori probabilitas dasar ekonometrik dan analisis tentang struktur ekonomi simultan. "

Biografi
Bidang ekonometri berkaitan dengan memperkirakan hubungan ekonomi dan menguji apakah hubungan dipostulasikan sepenuhnya sesuai dengan kenyataan. Dalam sebuah artikel di Econometrica pada tahun 1943 dan dalam tesis doktor yang berjudul, The Probability Approach dalam Ekonometrika (1944), Haavelmo menunjukkan bahwa hasil dari banyak metode yang digunakan sejauh ini telah menyesatkan. metode sebelumnya tidak cukup menjelaskan kenyataan bahwa perkembangan ekonomi riil ditentukan oleh interaksi banyak hubungan ekonomi dan bahwa hukum ekonomi tidak ketat ketat.

Dalam tesis, Haavelmo disajikan suatu pendekatan baru dan pathbreaking untuk estimasi hubungan ekonomi dengan menerapkan metode yang digunakan dalam statistik matematika. Karyanya membentuk fondasi untuk bidang penelitian baru yang mendominasi studi memperkirakan hubungan ekonomi yang kompleks.

Dalam tinjauan tentang tesis doktor's Haavelmo, Inggris pemenang Nobel 
Richard Stonemenulis bahwa itu adalah kontribusi yang cemerlang untuk ekonometrik yang akan memiliki efek revolusioner pada tingkat keberhasilan dalam memperkirakan hubungan ekonomi.

Setelah ia menjadi profesor di Universitas Oslo, kepentingan penelitian Haavelmo berubah teori ekonomi. Bukunya yang berjudul, A Study in Teori Evolusi Ekonomi (1954), adalah studi perintis kemungkinan alasan untuk keterbelakangan ekonomi suatu negara dalam kaitannya dengan negara-negara lain, jauh sebelum ekonom lainnya menjadi serius terlibat dalam penelitian pengembangan.

Haavelmo juga membuat kontribusi yang berharga pada teori yang menentukan pengembangan investasi di suatu negara. Bukunya yang berjudul, A Study in Teori Investasi(1960), memperkenalkan teori tentang permintaan untuk modal nyata, dan kelesuan dalam penyesuaian modal riil, yang telah penting mendasar dalam penelitian berikutnya. studi teoritis dan empiris Berbagai perilaku investasi telah terinspirasi oleh karyanya.

Banyak penelitian lain Haavelmo, seperti sebuah monografi tentang ekonomi lingkungan yang muncul jauh sebelum penelitian tersebut muncul, telah inspirasi bagi peneliti lain.

Haavelmo memiliki pengaruh yang menentukan ekonomi di Norwegia - tidak hanya sebagai peneliti, tetapi juga sebagai guru. Selama tahun-tahun aktif di Institut Ekonomi di Universitas Oslo, ia adalah guru terkemuka di lapangan. Dia menutupi berbagai daerah teori ekonomi dan banyak dari murid-muridnya dan asisten menerima instruksi pertama mereka di kepengarangan dengan menulis eksposisi berdasarkan kuliah - di bawah bimbingan merangsang. Tidak ada inspirasi kurang diberikan kepada merekrut banyak penelitian untuk siapa Haavelmo menjabat sebagai penasihat.
Dari Les Prix Nobel . Hadiah Nobel 1989, Editor Tore Frängsmyr, [Nobel Foundation], Stockholm, 1990
Ini otobiografi / biografi yang ditulis pada saat penghargaan dan kemudian diterbitkan dalam seri buku Les Prix Nobel / Nobel Lectures . Informasi ini kadang-kadang diperbaharui dengan addendum yang diajukan oleh Nobel.
Trygve Haavelmo meninggal pada tanggal 26 Juli 1999.
Teori Probabilitas adalah cabang matematika yang bersangkutan dengan analisis random fenomena.  Objek sentral dari teori probabilitas adalah variabel acak , proses stokastik , dan acara : abstraksi matematis non-deterministik peristiwa atau kuantitas terukur yang dapat berupa kejadian tunggal atau berkembang dari waktu ke waktu dalam mode tampaknya acak. Meskipun individu melemparkan koin atau gulungan mati adalah peristiwa acak, jika berkali-kali mengulangi urutan pameran kejadian acak pola statistik tertentu, yang dapat dipelajari dan diprediksi. Dua hasil matematis perwakilan menjelaskan pola tersebut adalah hukum bilangan besar dan teorema limit sentral .
Sebagai dasar matematika untuk statistik , teori probabilitas adalah penting untuk kegiatan manusia yang melibatkan banyak analisis kuantitatif set data yang besar. Metode teori probabilitas juga berlaku untuk deskripsi sistem yang kompleks hanya diberikan pengetahuan sebagian negara mereka, seperti pada mekanika statistik . Sebuah penemuan besar abad kedua puluh fisika merupakan sifat probabilistik fenomena fisik pada skala atom, dijelaskan dalam mekanika kuantum .

PENUTUP
            Demikian bahasan singkat tentang tokoh Probabilitas Trygve Haavelmo. Semoga bermanfaat.

DAFTAR PUSTAKA :
-Wikipedia.com
-Google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar